Manfaat minum teh

Posted by Yohan Agustian Monday, September 15, 2014 0 comments
Manfaat Mengkonsumsi Teh Hijau “Green Tea” Setiap Hari


Bagi para pecandu kopi, sehari tidak minum kopi itu rasanya berat, konsentrasi berkurang, bawaannya mengantuk, dan tidak semangat. Hanya saja, kopi seperti diketahui, memiliki kandungan kafein yang tinggi, sehingga di masa kini, orang lebih suka mengganti kebiasaan minum kopi dengan minum teh.
Teh seperti apakah yang baik bagi kesehatan? Secara umum, segala jenis teh baik untuk kesehatan karena rendah kafein dan mengandung antioksidan tinggi. 

Akan tetapi, teh hijau atau green tea memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan teh oolong atau teh hitam lainnya. Hal ini disebabkan karena teh hijau berasal dari daun Camellia sinensis yang pembuatannya melalui proses pengukusan sehingga kandungan antioksidan / polifenol nya tetap bertahan. Dibandingkan dengan teh biasa, teh hijau memiliki lebih sedikit kafein. Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid (fitokimia yang ditemukan dalam produk tanaman) yang memiliki sifat antioksidatif dan anti karsinogenik
Teh hijau kini telah sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau. Demikian juga di Indonesia, marak beredar berbagai produk yang terbuat dari ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker.


Beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan, di antara nya :
1.       Menurunkan berat badan
Seiring dengan semakin menjamurnya tempat makan, kafe, jajanan kaki lima, junk food, dan segala jenis makanan yang tanpa kita sadari dapat mengakibatkan penumpukan lemak di dalam tubuh jika kita konsumsi dalam jumlah yang berlebihan, kita justru semakin memerlukan konsumsi teh hijau dalam rutinitas keseharian kita.
Para ilmuwan dunia telah mengidentifikasi enam jenis katekin dalam teh hijau salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG) . EGCG dalam teh hijau ini akan meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga akan mengubah lemak menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebih.

2.       Mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL)
Dengan kebiasaan makan kita yang semakin “sembarangan”, kemungkinan manusia di masa kini memiliki kadar kolesterol jahat / LDL semakin tinggi. Hal ini sangat membahayakan kesehatan dikarenakan kolesterol dapat menimbulkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Teh hijau mengandung tanin yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami di dalam tubuh dan membersihkan plak di usus yang dapat mengakibatkan penyumbatan.

3.       Memperhalus kulit
Antioksidan dalam kandungan teh hijau sangat baik bagi kesehatan kulit, sehingga kulit menjadi halus dan bercahaya. Polifenol juga dikenal dapat memperlambat penuaan sel-sel kulit. Sehingga orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau setiap harinya dapat dipastikan akan terlihat awet muda dibandingkan orang-orang sekitarnya yang lebih senang mengkonsumsi minuman lainnya.

4.       Mengurangi stres dan depresi
Manusia di masa kini memiliki beban hidup yang lebih besar daripada para orang tua kita di jaman dahulu. Tuntutan pekerjaan, gaya hidup, dan keluarga seringkali membuat kita menjadi stres dan depresi. Teh hijau mampu membantu kita untuk melawan stres karena mengandung theanine, yang adalah asam amino yang membantu mengurangi kecemasan yang berlebihan. Konsumsi teh hijau selagi hangat akan membantu kita untuk menenangkan pikiran dan membuat kita mampu berpikir lebih logik.

5.       Meningkatkan imunitas tubuh
Kandungan antioksida, polifenol, dan flavonoid akan membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia sehingga kita tidak mudah terkena infeksi dan virus. Dengan semakin modern nya gaya hidup kita, semakin banyaknya polusi udara dan air di sekitar kita, mengharuskan kita untuk dapat menjaga tubuh kita yang merupakan aset yang berharga. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau, secara alami imunitas tubuh kita akan meningkat.


Masih banyak manfaat teh hijau lainnya, di antaranya meringankan gejala asma, mencegah arthritis / rematik, menstabilkan tekanan darah, mengelola diabetes, menyehatkan rambut, menyegarkan nafas, menyehatkan organ tubuh seperti liver, pembuluh darah, dan masih banyak lagi.
Sekarang, pertanyaannya adalah, apakah semua jenis teh hijau yang dijual umum baik untuk kita konsumsi?
Jawabannya adalah, semua teh hijau pada dasarnya memiliki kesemua khasiat di atas, akan tetapi kami menawarkan teh hijau yang memiliki khasiat lebih optimal bagi kesehatan kita karena sudah diracik bersama dengan bahan alami yang merupakan resep dari kerajaan di China kuno.



Jiang Zhi Tea (Teh Tianshi) adalah teh hijau yang bermanfaat untuk mengurangi lemak darah, meningkatkan fungsi pencernaan, mengatasi penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, jantung, dan otak, menurukna kekentalan dan penggumpalan darah, meningkatkan imunitas tubuh, memperlambat penuaan, dan mencegah kekurangan oksigen pada tubuh.
Anda juga bisa menambahkan teh dan madu untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat minum teh
Ditulis oleh Yohan Agustian
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pelangsingtiens.blogspot.com/2014/09/manfaat-minum-teh.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

peninggi badan pelangsing pelangsing badan tiens - Original design by Bamz | Copyright of Pelangsing badan tiens,Teh pelangsing,Tips Diet ,Fatloss,Obat langsing Alami.